Minggu, 14 Februari 2010

Menangani Pencuri Berkat

Yohanes 10 :10
Inilah perkataan Tuhan Yesus: Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya DALAM SEGALA KELIMPAHAN. Ini alasan Dia datang ke dunia, mati bagi kita di kayu salib, menanggung semua penyakit dan kelemahan tubuh kita, dan menjadi miskin buat kita.

Dia lakukan semuanya itu supaya kita mempunyai hidup dan hidup dalam segala kelimpahan- bukan satu kelimpahan (supaya kita masuk surga), tapi juga supaya kita berkelimpahan dalam kehidupan rohani, keluarga, kesehatan, kebahagiaan, dan keuangan. Kalau hari ini Anda belum menikmati hidup dengan segala kelimpahan itu, Anda perlu memeriksa: jangan-jangan ada pencuri yang masih leluasa beroperasi mencuri berkat-berkat Allah dalam hidup Anda, tanpa atau dengan Anda sadari.

Bagaimana menangani pencuri berkat itu dan mengakhiri segala bentuk tindakan pencurian berkat dalam hidup kita, sehingga kita bisa hidup dalam segala kelimpahan berkat Allah ?

1. Kutuk (Baca Kejadian 3:17-19)
Saat manusia jatuh dalam dosa, manusia terkena kutukan, namanya KUTUKAN KEMISKINAN ATAU KUTUK KEGAGALAN. Inilah awal kemiskinan merajalela dan menguasai hidup manusia.

Dampak yang diakibatkan oleh kutuk kemiskinan ?
- TANAH di mana kita hidup ikut terkutuk (TANAH TERKUTUK).
Tanah berbicara mengenai sesuatu yang memberikan hasil bagi manusia-PEKERJAAN, BISNIS, USAHA. Artinya segala sesuatu yang kita harapkan memberi hasil bagi kita terkena kutuk karena dosa.
- SUSAH PAYAH dalam mencari rezeki dari tanah seumur hidup (KUTUK SUSAH PAYAH).
Yang kedua ini sangat berkaitan dengan yang pertama. Karena TANAH/PEKERJAAN MANUSIA kena kutuk, akibatnya manusia harus bersusah payah mencari rezeki. Inilah penyebab sebagian orang mengalami susah payah, penderitaan, kesengsaraan sampai hidup kita menjadi pahit.
- SEMAK DURI dan RUMPUT DURI yang akan dihasilkannya bagimu (KUTUK DURI).
Tanah yang harusnya menghasilkan makanan yang bisa dimakan, menghasilkan semak duri dan rumput duri yang tidak bisa dimakan, bahkan bisa melukai-artinya HASIL YANG MENGECEWAKAN.
- Tumbuh-tumbuhan di padang yang akan menjadi makananmu (KUTUK KEHIDUPAN YANG TIDAK LAYAK).
Apa artinya tumbuh-tumbuhan di padang? KEHIDUPAN YANG TIDAK LAYAK: pakaian yang tidak pantas, makanan yang tidak bergizi, tempat tinggal yang tidak layak, transportasi yang tidak baik, pendidikan anak yang tidak memadai, dst.
- Dengan berpeluh engkau akan mencari makananmu, sampai engkau kembali lagi menjadi tanah, karena dari situlah engkai diambil; sebab engkau debu dan engkau akan kembali menjadi debu (KUTUK PENDERITAAN SEUMUR HIDUP).

2. Serangan Belalang (Baca Yoel 1:1-4)
Serangan belalang adalah serangan iblis untuk memakan panen kita. Ini sedikit berbeda dengan kutuk kemiskinan atau kegagalan. Kutuk kemiskinan membuat langit tertutup bagi hidup kita, sehingga berkat-berkat Allah tidak bisa sampai kepada kita. Sedangkan serangan belalang adalah serangan iblis untuk menghabiskan berkat-berkat yang sudah kita terima.

Bagaimana cara menghancurkan kutuk kemiskinan dan serangan belalang ini? (Maleakhi 3:8-12)
Tuhan berfirman: Bawalah seluruh persembahan persepuluhan itu ke dalam rmah perbendaharaan! Ketika kita membawa persembahan persepuluhan ke rumah Tuhan, Tuhan akan melakukan 2 hal bagi kita:
1. Aku akan membukakan tingkap-tingkap langit dan mencurahkan berkat sampai berkelimpahan.
Artinya setiap kutuk kemiskinan dan kutuk kegagalan yang menyebabkan langit tertutup atas kita, akan dihancurkan. Kita bisa mulai hidup di bawah langit terbuka.
2. Aku akan menghardik bagimu belalang pelahap, supaya jangan dihabisinya hasil tanahmu.
Artinya persembahan persepuluhan yang kita bawa kepada Tuhan akan menjadi pestisida (obat hama) untuk menghardik belalang pelahap yang selama ini memakan hasil panen kita. Semua bentuk serangan iblis untuk memakan hasil panen Anda akan dipatahkan, dihentikan, dan dihardik oleh Tuhan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar